Kamis, 08 September 2011

SUKSES KERJA SAMBIL KULIAH


Kebutuhan akan ilmu pengetahuan serta daemi up grade diri mendorong karyawan untuk melanjutkan pendidikan. Kuliah lagi, begitu juga bagi lulusan SMA/SMK yang mesti kuliah sembari mencari kerja.

Tentu, ada harga mahal yang harus di bayar bagi si pegawai yang kembali menimba ilmu. Mesti mengorbankan waktu senggang untuk belajar, atau tak lagi bisa betul-betul libur kala akhir pekan. Bagaimana supaya menjalankan kerja dan kuliah dengan enjoy, keduanya bisa berjalan dengan optimal tanpa protes dari keluarga/rekan kerja.

Mintalah bantuan dari keluarga dan teman
Ini diperlukan agar mereka mendukung studi yang kita jalani. Bicaralah dengan keluarga, pasangan dan teman sebelum memulai kuliah dan pastikan mereka mengerti mengapa hal ini sangat penting. Dengan begitu, mereka akan paham bahwa kamu tidak memiliki cukup banyak waktu seperti yang mereka inginkan.

Bicara dengan bos dan rekan kerja
Berbicara dengan atasan berguna untuk  memberitahu rencana dan tujuan kita. Ini akan memberiikan dukungan dan pemahaman yang lebih baik.

Maksimalkan waktu
Gunakan waktu sebaik mungkin. Meski sibuk, fakta-nya setiap indivindu memiliki periode dalam sehari, yang merupakan masa paling produktif. Kita bisa membaca bahan kuliah dalam perjalanan menuju tempat kerja, jika menggunakan transportasi umum. Juga tetap menghabiskan waktu untuk hiburan seperti menonton TV, film atau kegiatan lainnya.

Cari tahu kekuatan kita
Tiap orang memiliki gaya belajar berbeda. Yang efektif untuk orang lain, belum tentu baik untuk kita. Jika kita merasa lebih baik belajar di pagi hari, sisihkan waktu satu jam sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu untuk belajar.

Buat zona studi
Hal ini membuat kita memiliki area khusus untuk belajar. Jika di rumah ada kamar kosong, kita tidak bisa menyelipkan sebuah meja di sudut ruang tamu, belajarlah di kafe yang tenang atau perpustakaan umum. Intinya, dimanapun berada, ciptakan perbedaan antara waktu belajar dan sisa hari. Ini akan mengaktifkan otak dan menfapatkan mood.

Cari teman belajar
Menetapkan tujuan dengan sesama mahasiswa bisa menjadi cara untuk mengatasi hambatan kuliah dan meningkatkan motivasi. Menjalin pertemanan dengan orang lain baru merupakan bonus tambahan dalam pembelajaran. Kita juga bisa mengikuti grup kuliah di internet.


Baca Juga Yang Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar agar penulis bisa memperbaiki kesalahannya.